Selasa, 25 Juni 2013

Seberapa Sering Perlu Mencuci Wajah?


Foto Ilustrasi cuci muka. Sumber: tempo.co|int
Mencuci wajah terliahat seperti pekerjaan ringan. Tapi, mencuci wajah dengan cara yang tidak tepat, seperti terlalu sering atau jarang bisa menyebabkan kulit iritasi, kering dan berjerawat. Maka penting untuk menyesuaikan seberapa sering Anda perlu mencuci wajah berdasarkan jenis kulit.

Kulit normal
Kulit normal sebaiknya dicuci dua kali sehari. Cucilah wajah Anda sekali pada pagi hari dengan air yang sejuk dan pembersih yang lembut. Ini untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang timbul selama Anda tidur. Keringkan wajah, lalu lanjutkan dengan aplikasi pelembab harian dan make up. Pada malam hari, cucilah wajah dengan pembersih lembut lalu disusul dengan scrub jika Anda menggunkan make up tebal. Jika Anda menggunakan make up yang tahan lama, pastikan Anda mengaplikasikan make up remover yang dibuat khusus untuk menghilangkan maskara dan eyeliner yang tebal pada mata.

Kulit berminyak
Kulit berminyak membutuhkan perawatan lebih. Sebab, minyak dan kotoran dalam pori lebih cepat timbul, sehingga kulit terlihat berminyak. Cucilah wajah Anda minimal dua kali sehari dengan pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak. Jika ingin menggunakan make up atau pelembab, gunakan produk yang bebas minyak yang akan mencegah minyak berlebih. Cuci wajah pada pagi hari, siang jika memungkinkan dan malam hari sebelum tidur. Pada malam hari usahakan gunakan pencuci wajah, kemudian dilanjutkan dengan toner yang dibuat untuk menghapus minyak. Toner juga bisa digunakan pada siang hari untuk menyerap minyak, jika Anda rasa tisu kurang cukup untuk menghilangkan minyak.

Kulit kering
Kulit kering juga membutuhkan perawatan khusus. Sebab, jika terlalu sering mencuci muka, kulit akan semakin kering. Sehingga kulit bisa pecah-pecah dan terkelupas. Cucilah wajah pada pagi hari dengan air dingin saja, jangan gunakan pembersih. Pilih pelembab yang khusus untuk kulit kering. Cuci wajah Anda lagi pada malam hari, pada saat ini gunakan pembersih yang lembut dan make up remover jika Anda memakai make up. Untuk mengangkat sel kulit mati, gunakan scrub, kemudian dilanjutkan dengan pelembab untuk kembali melembabkan kulit.

Kulit berjerawat
Penting untuk mengatasi jerawat dengan tepat. Pertama, ketahui jenis kulit dari kategori yang disebutkan di atas dan ikuti rutinitas pembersihan wajah itu. Pastikan Anda menggunakan spons wajah saat mencuci wajah. Sebab, scrub yang keras bisa menimbulkan iritasi pada jerawat dan menyebabkan inflamasi. Sementara pembersih wajah dibuat khusus utnuk kulit berjerawat, pilihlah krim jerawat yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

Sumber:tempo.co|EHOW | APRILIANI GITA FITRIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar