Rabu, 26 Juni 2013

Bagaimana seseorang bisa mati karena minum air terlalu banyak?

Jennifer Strange, 28 tahun ditemukan tewas di rumahnya yang terletak di California, setelah beberapa jam bersaing dalam konteks stasiun radio untuk memenangkan Nintendo Wii, pada Januari, 2007 lalu. Dalam permainan yang diselenggarakan oleh Stasiun "Tahan Wee Anda untuk Wii" memiliki tantangan yang unik. Yaitu setiap kontestan harus meminum banyak air tanpa harus pergi ke kamar mandi. Menurut laporan otopsi awal, Ms Strange rupanya meninggal karena minum terlalu banyak air terlalu cepat, sehingga menghasilkan suatu kondisi yang disebut keracunan air.

Pada paling dasar, keracunan air yang terjadi ketika seseorang minum air sehingga nutrisi lain dalam tubuh menjadi encer ke titik bahwa mereka tidak bisa lagi melakukan pekerjaan mereka. Anda mungkin pernah mendengar istilah elektrolit sebelumnya, apakah mengacu pada minuman olahraga (yang menyediakan elektrolit selain cairan) atau kondisi tertentu, seperti bulimia atau diare, yang menyebabkan "ketidakseimbangan elektrolit" dalam tubuh. Elektrolit hanya ion garam (atom dengan muatan positif atau negatif secara keseluruhan) yang digunakan sel untuk memindahkan cairan dan pesan saraf ke dalam dan keluar dari sel dan seluruh tubuh. 


Tanpa elektrolit, tubuh tidak dapat berfungsi (lihat Apakah elektrolit? Untuk penjelasan lebih rinci). Keracunan air menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang mempengaruhi konsentrasi ion natrium dalam, dan itu mengarah pada suatu kondisi yang disebut hiponatremia.

Dalam kasus keracunan air, itu adalah hiponatremia ekstrim yang pada akhirnya dapat menyebabkan koma dan kematian. Jika tertangkap dini, pengobatan dengan cairan yang mengandung elektrolit IV dapat menyebabkan pemulihan lengkap, tetapi tidak diobati, hiponatremia berakibat fatal. Keracunan air pada dasarnya merupakan salah satu bentuk hiponatremia - kondisi juga dapat disebabkan oleh keringat berlebihan, luka bakar yang parah, dehidrasi berkepanjangan dan hati dan ginjal masalah-masalah tertentu, antara penyakit dan kondisi lain.

Ketika seseorang meninggal dari hiponatremia akibat keracunan air, faktornya adalah ketidakseimbangan natrium yang parah yang menyebabkan kerusakan sel besar. Sodium adalah ion bermuatan positif, dan perannya dalam tubuh adalah untuk mengedarkan cairan di luar sel. 
Akibatnya, natrium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga sinyal yang memungkinkan otot bekerja dengan baik, antara lain. Sel aktif mempertahankan konsentrasi natrium yang tepat di dalam tubuh. Di dalam sel, ada lebih elektrolit, di luar sel, ada lebih banyak air. Sel menjaga tingkat natrium sehat dengan memindahkan air dan elektrolit ke dalam dan keluar dari sel baik untuk encer atau meningkatkan kadar natrium dalam cairan tubuh. 

Tapi ketika seseorang minum sejumlah air dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, dan air tidak mengandung elektrolit, sistem pemeliharaan sel tidak dapat menangani tingkat pengenceran natrium yang terjadi.

Hasilnya adalah bahwa sel-sel mati-matian mencoba untuk meningkatkan konsentrasi natrium dalam cairan tubuh dengan mengambil dalam jumlah besar air. Beberapa sel bisa membengkak banyak, yang lainnya tidak bisa. Sel-sel otak dibatasi oleh tengkorak dan dapat berakhir penuh dengan tekanan air yang mereka mengambil masuk Jumlah yang tepat dari asupan air yang dapat menyebabkan keracunan air tidak diketahui dan bervariasi dengan masing-masing individu. Gejala keracunan air benar-benar terlihat sangat mirip gejala keracunan alkohol, termasuk mual, kondisi mental berubah, dan muntah. 

Gejala lain termasuk sakit kepala, kelemahan otot dan kejang-kejang. Dalam kasus yang parah keracunan air, koma dan kematian datang cukup cepat sebagai akibat dari pembengkakan otak. Kondisi ini cukup langka di populasi umum, tetapi dalam atletik jarak, itu risiko yang dikenal dan sering dihindari dengan minum minuman olahraga bukan air selama pelatihan dan acara.
Sumber: howstuffworks.com|Rul
Sources
  • Helmenstine, Anne Marie, Ph.D. "Can You Drink Too Much Water?" About: Chemistry. http://chemistry.about.com/cs/5/f/blwaterintox.htm
  • "Hyponatremia." MedlinePlus Encyclopedia. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000394.htm
  • Lillis, Ryan. "Woman dies from water intoxication." The Courier News. Jan. 16, 2007. http://www.suburbanchicagonews.com/couriernews/news/212558 ,3_1_EL16_A7WATER_S1.article
  • Miner, Josh. "Sports drinks fight water intoxication." The London Free Press. Jan. 16, 2007. http://lfpress.ca/newsstand/Today/2007/01/16/3387786-sun.html
  • "Woman drinks so much water she dies." CNN.com. Jan. 13, 2007. http://www.cnn.com/2007/US/01/13/water.intox.ap/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar