Selasa, 18 Juni 2013

Sering Pakai Ponsel Sebabkan Hipertensi

Pernah merasa tertekan atau super kesal saat menggunakan telepon genggam? Jangan salahkan sinyal atau provider telepon genggam. Sebab berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikan di Science Daily oleh Asosiasi Hipertensi Amerika, penggunaan telepon genggam yang terlalu sering dapat menyebabkan peningkatkan tekanan darah dan darah tinggi.

"Menggunakan telepon genggam terlalu sering sama saja dengan memberikan tusukan dan tekanan untuk tensi Anda," ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Guglielmo da Saliceto Hospital, Italia, G. Crippa, kepada blog kesehatan, Discovery.com, Selasa pekan lalu 11 Juni 2013.

Para dokter dari Guglielmo da Saliceto Hospital ini menemukan bahwa tekanan darah sistolik dan diastolik meningkat secara konstan dari 121/71 menjadi 129/82 ketika pengukuran tensi setelah penggunaan telepon genggam secara konstan dilakukan. Bahkan penambahan tekanan darah muncul lebih dramatis lagi dari orang-orang yang menggunakan telepon genggam lebih dari 30 kali per hari.

Dokter Crippa berpendapat, ada dua kemungkinan yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Pertama adalah pengguna telepon genggam adalah orang -orang muda yang lebih rentan terganggu oleh bunyi atau getaran telepon genggam. Kedua adalah orang-orang yang selalu mengaktifkan telepon genggamnya karena menunggu panggilan. Orang seperti ini adalah orang yang tidak ingin kehilangan kesempatan yang memerlukan komunikasi cepat.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan yang berlebih terhadap pembuluh darah arteri atau pembuluh darah utama. Bila terus dibiarkan, darah tinggi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini merupakan pembunuh utama di Amerika Serikat.

Berdasarkan data yang dikeluarkan CDC pada Desember 2012, satu dari tiga orang Amerika dipastikan menderita darah tinggi. Tidak hanya itu, sebuah data nasional negeri Abang Sam itu menunjukkan, bahwa 87 persen warga Amerika menggunakan telepon genggam mereka secara aktif.

Sumber: Tempo.co|BLOG.DISCOVERY.COM | CHETA NILAWATY


Tidak ada komentar:

Posting Komentar